Minggu, 20 Desember 2015



JURNAL
TENTANG SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

  •  ISI PEMBAHASAN

Faktor-faktor yang mempengaruhi level of product availability menurut Chopra dan Meindl (2007) adalah cost of understocking, cost of overstocking dan optimal order size. Oleh karena itu dilakukan penelitian pada ruang lingkup gu­dang dan toko grosir serta eceran. Hal ini dipengaruhi secara langsung oleh bagian produksi atau produk dan juga oleh cus­tomer, baik rumah tangga maupun retailer.  
  •  METODE PENELITIAN

Metode penelitian yang akan di lakukan adalah (chopra dan meindl, 2007) :
1.      Melakukan identifikasi supply chain awal.
2.      Mengidentifikasi dan mengumpulkan data mengenai permintaan atau penjualan produk 60 hari.
3.      Melakukan validasi pada permintaan dengan bantuan SPSS 16 for windows.
4.      Melakukan simulasi permintaan untuk menentukan probabilitas dari data permintaan tersebut.
5.      Menentukan expected marginal benefit dan expected marginal cost untuk menentukan expected marginal contribution.
Expected marginal benefit =
profit for total additional order × Prob(demand ≥ D1)
Expected marginal cost =
loss for total additional order × Prob(demand < D1)
Expected marginal contribution =
expected marginal benefit - expected marginal cost
6.      Menentukan optimal cycle service level (CSL*) meng­gunakan perhitungan cost of product, cost of overstock­ing (Co), cost of understocking (Cu), optimal cycle ser­vice level (CSL)
7.      Menentukan nilai optimal order size (O*) dengan mengikuti distribusi normal berdasarkan persamaan :
O* =  (CSL*,μ  *,μ, σ).
  • 3.      HASL PENELITIAN
Hasil pengumpulan data selama dua bulan kemudian dilakukan validasi untuk melihat data terdistribusi secara normal. Kemudian dilakukan simulasi pada data permintaan, menggunakan simulasi monte carlo selama 24 bulan atau 2 tahun. Selanjutnya merata-rata demand simulasi pada tiap bu­lannya, Tahap berikutnya adalah menentukan nilai dari expected marginal contribution. Simulasi permintaan dilakukan selama dua ta­hun yang didapat dari hasil trial error untuk mencari hasil simulasi pada data permintaan yang mendekati nilai aktual pada perusahaan keripik singkong. Berdasarkan hasil simu­lasi data permintaan kemudian juga dilakukan pengujian dan verifikasi apakah terdistribusi normal atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar